Pengertian Karya Seni Line Art Desain beserta Contohnya

Line Art ini memang sebuah seni yang sederhana, karena hanya berupa garis saja dengan warna yang kuat atau tidak berupa gradient.

Seni garis atau gambar garis adalah apa saja gambar yang terdiri dari garis-garis lurus atau melengkung sebagai komponen utama dari gambar dengan background polos, tanpa gradasi di bawah naungan atau rona untuk mewakili objek dua dimensi atau tiga dimensi.


Tetapi seiring berkembangnya, desain line art juga dapat diberi shading dan teksture pada garis/outline, bukan isi... 


Beberapa turunan dari Line Art ada yang namanya desain vector vexel, kartun, grime art, dan lainnya kerap menggunakan line art untuk outline-nya.

Pada umumnya, desain Line Art itu ya Monokrom (hitam, putih, dan abu-abu), selain modifikasi dengan diberi tekstur, bayangan atau dengan memberi warna selain hitam pada garis atau outline tersebut, untuk variasi dan keunikan hasil karya digital line art tersebut.


Dalam proses pengembangan style Line Art, juga dapat di variasikan dengan ketebalan garis yang akan memberikan kesan dan keterisian objek line art sebagai pengganti dari pemberian fill colour atau warna dalam pada objek.


Sehingga Line Art ya Line Art, jika diisi warna pada objek berarti bukan desain Outline/line art.


Kalau saya sendiri, biasanya menggunakan variasi Tebal Tipis adalah untuk memberikan desain Line Art "Ruang" efek ruang... sehingga tidak melulu hanya Outline Aja.

Juga dengan menggunakan Garis yang lebih tipis untuk mengisi Outline yang sebagian besar Outline memiliki Garis yang lebih tebal, memudahkan untuk melakukan repeat pattern, dan mengurangi goresan garis yang melewati batas.. :)


Line Art Favorit saya adalah Doodle... ya mencoret coret... tetapi saya menggunakan Line Art Style...


Walau demikian, saya juga tidak menutup kemungkinan untuk memberi warna, aliar keluar dari prinsip Line Art yang simple dan minimalist dan menjadi "Doodle" murni...


Dari pemahaman saya selama ini, sebenarnya Line Art ini merupakan Dasar, tetapi ini berbeda dengan Sketsa yang memang lebih ke doodle untuk coretan yang lebih matang atau hanya coretan coretan yang mentah.

Sketsa kan juga garis hitam dengan latar belakang biasanya warna tanpa gradient sih... tetapi sketsa ini benar benar bebas... dan masih sebatas ide tetapi sudah di visualkan di media tulis, yang bisa digunakan untuk acuan melahirkan karya yang lebih terarah, misalnya Sketsa untuk Line Art, Sketsa untuk Kartun, Sketsa untuk Arsitektur, Sketsa Logo dan banyak hal...

Intinya, sketsa bukanlah produk Final, dan masih perlu untuk dikembangkan menjadi sebuah karya jadi untuk menjadi lebih baik. Sketsa inilah merupakan Coretan Mentah, tetapi harusnya sudah dapat memiliki Hak Cipta.


Dan hak cipta harusnya sudah langsung melekat, ketika sebuah karya itu di publikasikan.


Karena saya rasa itu adalah Ide Dasar untuk membentuk sebuah karya, bahkan untuk mempresentasikan dengan partner kerja, juga membutuhkan Sketsa agar komunikasi pembuatan karya seni menjadi lebih mudah dipahami dan sebagai partner kerja dapat mencapai hasil yang sesuai dengan apa yang diinginkan.



Contoh Karya Line Art yang sudah saya buat sebelumnya dalam bentuk PATTERN, sebagai berikut :



Kyo Hyorin Pattern Line Art Feminim


Kyo Hyorin


Disini saya membuatnya dengan warna merah muda soft, dengan variasi warna bukan hitam. Saya memadukan garis Tebal dan Tipis juga di desain ini.


Desain ini saya buat ketika saya belajar Line Art, saya mencoba membuat coretan dari situ, jika anda lihat lebih dalam, tiap garis itu dibuat dengan goresan tangan, jadi saya tidak memakai node to node, sehingga jika anda melihat garis terdapat lengkungan lengkungan kecil atau tidak benar benar lurus, maka itu murni gerakan tangan saya. Tetapi memang sengaja tidak saya ubah, karena memberi kesan alami... seperti halnya orang menggoreskan pena di kertas.


Saya sadar, desain saya juga masih jauh banget dari "Professional", saya lebih suka menganggapnya sebagai desain amatir, yang kadang memberi semangat kepada saya untuk terus belajar dan improve.


Karena desain ini saya tujukan untuk Print on Demand Product atau Mechandise, sedangkan perangkat desain yang saya miliki hanya support untuk resolusi tertentu, maka saya membuatnya menjadi Pattern. 


Jika ada rejeki kelak, bisa beli perangkat yang lebih baik untuk mendukung kegiatan desain dan illustrasi.




Kyo Kage Pattern Line Art Monocolor


Kyo Kage Pattern Line Art Monocolor


Desain Kyo Kage Pattern ini, lebih terlihat untuk perbandingan Tebal dan Tipisnya Garis, pada karya digital line art ini, saya memakai kombinasi Mirroring (Mirroring 6 Sisi) juga

Coretan Floral/Bunga juga ikutan mewarnai Karya Line Art Kyo Kage Pattern ini. Saya sangat suka Elemen Bunga dan Kupu - Kupu... keduanya saling berkaitan....


Kalian tau ulat? ya, mungkin ulat tersebut terlihat buruk rupa... tetapi makhluk itu sabar dan  akhirnya menjadi Kepompong, setelah itu Metamorfosis menjadi bentuk baru yang penuh dengan keindahan... itulah kupu-kupu.


Dan Bunga merupakan komponen yang paling disukai kupu-kupu bukan...beberapa motif dan bentuk bunga bahkan menyerupai sayap Kupu-Kupu...


Desain Kyo Kage ini pun juga alami, saya membuatnya manual... dengan goresan garis yang dihasilkan dari tangan saya yang menari... hehe


Sama seperti Kyo Hyorin, ini konsepnya pattern... sehingga dapat digunakan untuk berbagai media Print on Demand.



Untuk Contoh Line Art Logo, saya kasih contoh dari Google saja ini Contoh Logo Line Art


Mana contoh dari karya saya? masih malu nih, soalnya masih di tolak marketplace mulu untuk Logo Line Art yang saya buat... sehingga saya kasih contoh Logo Line Art diatas dari desainer yang sudah pro dan berpengalaman.



Sekian Pembahasan tentang Line Art, semoga dapat memberi insight buat teman teman yang kebetulan membaca dan sebagai media mendalami ilmu bagi saya sendiri. Jika terdapat kesalahan atau missed persepsi dari penyampaian saya, silahkan tambahkan diskusi di kotak komentar ya sob.





English Version of This Article